Bayar Waktu Sibuk Dengan Merencanakan Liburan

Berlibur pulang kampong (ndeso), mengunjungi objek wisata, belanja, makan, dan lain sebagainya merupakan agenda liburan. Walau orang-orang yang dengan super sibuknya hanya bisa berlibur sementara, namun tidak ada salahnya mengagendakan liburanya dengan lebih baik dan bermakna. Ada hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam kondisi seperti sekarang ini; situasi alam yang belakangan menjadi sorotan. Musibah yang kerap mengguncang tanah air sudah barang tentu akan mengurangi rasa aman dan nyaman kita berpergian, maka dari itu lebih baik adalah memilih lokasi liburan yang kita yakini aman.
Menghabiskan waktu untuk kebersamaan dan menyegarkan pikiran memang perlu tempat yang khusus, namun bisa jadi salah satunya adalah rumah kita sendiri. Yang penting adalah kita bisa memanfaatkan waktu dengan aktivitas yang menyenangkan dan berkesan. Hanya cukup memilih beragam aktivitas yang unik, seru dan mendidik meski hanya Cuma dirumah.
• Olahraga bisa jadi menjadi acara yang bermanfaat. Kita bisa pilih di sekitar rumah, memanfaatkan jalan, lapangan atau taman. Dengan melakukan kegiatan yang kita gemari atau bersama temen-teman yang kita gemari bersama, kemudian bisa membuat sarapan dan makan bersama, atau bisa ke tempat-tempat klub-klub kesehatan dalam berolahraga yang bisa kita sewa dengan harga yang lumayan terjangkau.
• Kerohanian ; tentu sangatlah menyenangkan untuk membekali jiwa kita dan semangat hidup dalam memperdalam ilmu agama. Mendongeng dan bercerita kisah-kisah nabi, membaca Al-quran, ibadah bersama, berdo’a bersama atau mendatangi tempat-tempat yang sangat menenangkan jiwa misalnya, masjid, dan lain sebagainya.
• Istana kita; bisa untuk menanmkan tanggung jawab kita sebagai penghuni rumah; merapikan rumah, membereskannya susunan barang, merawat barang-barang, mangecat kembali sesuai warna kesukaan, bergotong royong sungguh akan menyegarkan.
• Seni; mengasah kemampuan hobi yang menghibur, bermain alat music, nyanyi, nulis puisi, drama, melukis. Mari kita siapkan alat-alatnya, nah, siapa tahu membangkitkan selera dan tembang-tembang kenangan lama kita dahulu toh, lakukan dengan riang dan kebersamaan
• Nostalgia; kita dengan teman-teman/ sahabat yang dalam situasi kesibukan yang beda, membuat kebiasaan kita juga akan beda. Kita bisa belajar dari sahabat kita dalam wawasan baru, info baru dan lain-lain.
• Tekhnologi; ngenet, browsing, chatting untuk menemukan sesuatu yang berguna bagi kehidupan. Dunia ini begitu luasnya, begitu indah dan menyenangkan, kita akan membuka wawasan dan pengetahuan. Selain itu kita bisa mencoba belajar mengenali perangkat computer, mencoba program baru, game baru, bermain play station dan video game.
• Belajar: membaca buku, majalah, surat kabar internasional, nasional dan local. Kita bisa juga mengajak sahabat dan keluarga untuk berkomunikasi dalam bahasa asing, bahasa daerah, kita bisa memperkaya kemampuan yang bisa bermanfaat.
• Berkemah; kenali keindahan kehidupan di alam bebas, kita tidak mesti pergi jauh-jauh, cukup memanfaatkan halaman rumah atau perbukitan jika cuaca bersahabat akan sangat menambah pemandangan kita, api unggun, menghitung bintang, suasana tidur di alam terbuka, berkesan toh,
• Nonton live event: bila bosan dirumah kita bisa keluar menyaksikan pertandingan olehraga yang sering di gelar di lingkungan kita missal; tanding sepak bola, basket, voli antar RT/kecamatan. Bisa juga menonton pertunjukkan seni missal; khitanan, pernikahan, dan lainnya
• Berburu buku; membiasakan diri dan keluarga membaca, kita bisa berkeliling di sekitar pasar, mall untuk berbelanja buku-buku yang cocok, digemari untuk menghabiskan waktu.
• Nonton bareng; menghabiskan waktu film-film kenangan, kegemaran, petualangan keluarga, kartun animasi, film baru melalui pemutar VCD/DVD. Lumayan 1 kaset film bisa 2 jam, kita bisa juga membahasnya dan mendiskusikan tontonan dengan sahabat dan keluarga mengenai hal-hal yang tidak kita mengerti atau teman kita yang kebingungan.
• Mengelola halaman; memanfaatkan halaman yang kosong untuk berkebun, merumput, menyegarkan tanaman yang sudah ada, memlihara binatang, memungut daun kering dan mengoalah sampah.
• Bercerita kisah; bermanfaat sekali untuk psikologi kita dengan sahabat-sahabat terdekat, kita bisa bercerita kalau kita ingin menjadi sosok pahlawan, artis, kisah-kisah nyata yang dapat memotivasi diri, pengalaman hidup kita sendiri, bercerita tentang hobi.
• Memasak; mengajari sahabat kita untuk mempraktekan masakan enaknya, cicipi dan beri pujian. Atau kita bisa belajar bersama memasak resep baru dengan seabrerk banyaknya resep-resep masakan baru.

Komentar