Agar Mobil Tidak Drop Setelah Mudik Lebaran

Yang barusan sudah mudik ke kampung halaman masing-masing, mulai kembali ke kotanya setelah sekitar sepekan lebih mudik ke kampung halaman. Namun bukan berarti kendaraan yang dipakai untuk mudik didiamkan begitu saja. Kendaraan juga perlu dijaga staminanya setelah melakukan perjalanan jauh.
Berikut tips perawatan mobil agar tidak drop setelah mudik lebaran :
  1. Cek Mesin, AC, dan kopling, Mesin, AC, rem dan kopling akan bekerja lebih ekstra. Sehingga oli mesin pasca mudik dianjurkan untuk diganti, serta jangan lupa lakukan pemeriksaan pada sistem rem dan kopling kendaraan anda.
  2. Cek kondisi kaki-kaki, cKondisi sistem suspensi atau yang dikenal dengan kaki-kak (shock absorber, strut, tie road, ball joint) juga jangan lupa diperhatikan. Karena mungkin saja anda melewati medan jalan yang rusak.
  3. Perhatikan pula spooring dan balancing, atau wheel alignment depan dan belakang. Cek ulang juga pasca mudik.
  4. Cek Oli Transmisi, Udara ekstrim juga pasti dihadapi oleh anda selama perjalanan mudik sehingga jangan lupa untuk perhatikan kondisi oli transmisi (baik yang otomatis maupun manual).
  5. Cek wiper, Tidak hanya udara, cuaca hujan yang bisa saja datang kapan pun memerlukan anda untuk memperhatikan wiper mobil anda. Dan saat mudik, wiper akan lebih banyak difungsikan. Implikasinya kualitas karet wiper perlu diperhatikan, dan disarankan diganti terlebih jika sudah lama dari pergantian terakhir.
Perawatan mobil berumur juga diperlukan, dan tidak hanya dilakukan pada mobil yang masih muda atau baru. Lima masalah di atas bukan hanya berlaku untuk kendaraan usia tertentu saja. Meskipun mobil berusia tua pasti mendapat perhatian lebih khusus karena sasisnya mulai ada perubahan kondisi (baik akibat benturan atau karat), namun umumnya spare part yang tidak diganti tentu dapat berpotensi rusak.

Komentar