TIPS MEMILIH MOBIL KELUARGA

Banyak jenis mobil ditawarkan di pasaran Indonesia, mulai dari mobil kota, sedan, mobil keluarga, hingga sport. Tetapi dari sekian banyak, mobil keluargalah yang banyak di minati masyarakat Indonesia. Karena dianggap paling nyaman dan paling sering di gunakan.

Memiliki sebuah mobil keluarga adalah keinginan dari setiap keluarga. Mobil keluarga masih sangat mendominasi pilihan utama masyarakat di Indonesia sampai saat ini. Kapasitas nya menampung penumpang yang banyak sering kali menjadikan salah satu alasan penting untuk memilih, selain itu ukuran ruang kabin yang lebih luas membuat mobil jenis ini lebih fungsional untuk menemani berbagai macam kegiatan.

Lalu, bagaimanakah caranya memilih mobil keluarga yang sesuai dan tepat untuk kebutuhan keluarga Anda. Jika Anda ingin membeli mobil keluarga tetapi masih ragu ragu atau belum menempatkan pilihan pada mobil yang ingin Anda pilih, ada baiknya apabila pertimbangkan beberapa saran dan tips berikut ini :

1. Kenyamanannya

Kenyamanan menjadi alasan utama saat akan memilih mobil keluarga. Pastikan kualitas interiornya, termasuk jok dan pendingin udara, semua bagus

2. sistem Suspensi

Mobil dengan setelan suspensi tepat pastinya akan nyaman saat dikendarai. Mobil keluarga yang kerap membawa muatan banyak tentu butuh suspensi tepat. Jika terlalu keras, akan membuat penumpang tidak nyaman. 

3. Durability

Memilih mobil keluarga tak hanya memperhatikan kapasitas tempat duduk. Daya tahan mobil juga harus jadi perhatian utama.

4. Purna jual

Juga ada tips, purna jual atau after sales harus jadi alasan mengapa Anda akan memilih mobil keluarga. Mulai dari suku cadang, bengkel, hingga nilai jual kembali harus Anda pikirkan.

5. Jumlah tempat duduk atau seat yang ada di dalam mobil adalah pertimbangan  utama dalam memilih sebuah mobil keluarga. Mobil keluarga juga harus mampu kemampuan untuk menampung semua anggota keluarga. Hal lainnya Pertimbangkan juga tempat duduk tambahan misalnya untuk pengasuh jika anda harus mengajak mereka ikut pada saat bepergian dengan keluarga.

Sebagai pedoman dasar yang harus Anda pahami, biasanya mobil dengan memiliki 4 tempat duduk itu cocok untuk keluarga dengan maksimal dua orang anak. Apabila mobil dengan 7 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan 2 orang atau bahkan lebih banyak keluarga.

6. Kapasitas mesin biasanya digambarkan dalam besaran volume silinder piston mesin misalnya saja 1000 cc, 1100 cc, 1300 cc, dan lain sebagainya.

Semakin besar kapasitas dari suatu mesin tersebut (semakin besar angka cc) maka akan semakin besar juga tenaga yang bisa dihasilkan mobil tersebut. Tentunya selain Anda menginginkan mobil yang bagus, juga harus didukung dengan kemampuan melaju kencang agar lebih bisa maksimal dalam penggunanya.

7. Pada umumnya ada dua jenis sistem transmisi pada mobil, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Hal ini ditujukan agar Anda dapat memilih mobil berjenis matic yang sedikit lebih mahal tetapi lebih mudah untuk dioperasikan, atau memilih mobil dengan transmisi manual yang lebih murah dan mudah perawatannya. Maka dengan begitu Anda akan memahami lebih jelas mobil jenis apa yang saat ini paling dibutuhkan, dan pastinya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

8. Biaya bahan bakar adalah salah satu pengeluaran utama dalam anggaran biaya operasional dari sebuah mobil. Langkah untuk menekan biaya tersebut dengan cara mengetahui  seberapa kilometer jarak  optimal sebuah mobil dalam setiap liter konsumsi bahan bakar. Semakin jauh jarak tempuh mobil per liter maka bahan bakar yang dikonsumsinya akan semakin irit mobil tersebut. Sehingga setelah mengetahui hal ini Anda akan lebih mudah untuk mengendalikan biaya yang dibutuhkan.

9. Hal utama dan penting  yang harus di perhatikan  dalam sebuah mobil keluarga sebaiknya memiliki fitur fitur keselamatan yang sangat memadai. Seperti Seat belt sebaiknya ada di semua tempat duduk penumpang, juga pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis sehingga akan lebih aman bagi anak kecil. Kenyataannya beberapa mobil saat ini telah memiliki fitur keamanan lebih canggih yaitu yaitu air bag dan sistem rem .Karena komponen yang mendukung bagi keselamatan adalah elemen yang wajib ada pada semua jenis mobil.

10. Selain keamanan, kenyamanan dari sebuah mobil memang sangat penting bagi seluruh anggota keluarga. Misalnya anak-anak dan orang lanjut usia cenderung  lebih cepat lelah terutama ketika menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil. Mobil yang baisa disebut nyaman itu harus memenuhi beberapa kriteria antara lain seperti tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.

11. Layanan Purna jual adalah jasa yang banyak ditawarkan oleh produsen kepada konsumennya setelah transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan untuk sebuah produk  yang ditawarkannya. Ketersediaan tempat layanan purna jual akan sangat membantu dan memudahkan dalam mendapatkan beberapa kelebihan seperti hal nya service resmi, suku cadang asli, dan juga garansi. Mobil dengan merk yang sudah lama dikenal umumnya telah memiliki lebih banyak tempat layanan purna jual di berbagai kota. Kondisi ini menjadi penting karena apabila Anda mengalami masalah dengan mobil atau terjadi sesuatu hal yang buruk, maka Anda bisa memanfaatkan kelebihan yang telah di tawarkan tersebut.

12. Pada dasarnya, semakin kompleks teknologi yang digunakan dalam sebuah mobil maka akan semakin besar pula biaya perawatan dan harga dari komponen suku cadangnya . Anda juga sebaiknya telah mengetahui perbandingan biaya perawatan mobil yang di minati dengan mobil jenis lain. Karena pastinya Anda tidak ingin mengeluarkan biaya banyak pada fitur mobil yang jarang digunakan. Lebih baik sebelum memutuskan memilih sebuah mobil, perhitungkan terlebih dahulu biaya perawatan yang di keluarkan nantinya.

13. Mobil mobil dengan harga yang hampir sama bisa memiliki harga jual kembali atau bisa di sebut harga jual bekas yang berbeda. Hal seperti ini karena terdapat perbedaan pada tingkat permintaan pasar untuk mobil bekas. Berdasarkan dalam hukum penawaran dan permintaan, maka mobil bekas yang banyak peminat nya mempunyai harga jual kembali yang lebih tinggi.

Ketika Anda akan memilih sebuah mobil juga harus mempertimbangkan nilai jualnya lagi, mungkin adakalanya Anda bosan, atau memaksa Anda untuk menjual mobil tersebut karena kebutuhan yang benar benar mendesak, dengan begitu Anda tidak kesulitan lagi dalam menjualnya.

14. Pada dasarnya setiap orang pasti mendambakan sebuah mobil keluarga yang tepat dan  juga ideal. Namun sebaiknya jika  Anda memilih mobil dengan harga yang sesuai kemampuan keuangan anda saat ini. Sebuah mobil mungkin bisa sebanding dengan nilai nominal sebuah rumah, padahal jika diteliti mobil pasti akan berkurang nilainya dengan seiring berjalannya waktu. Jangan sampai membeli mobil hanya karena menuruti emosi atau gengsi semata, melainkan beli lah sebuah mobil yang Anda paling butuhkan juga sesuai dengan kemampuan Anda saat itu.

15. Anda tidak bisa hanya dengan membayangkan semua fitur yang ada pada sebuah mobil dari cerita orang atau dari keterangan yang tertera di brosur kebanyakan. Untuk lebih jelas nya  sebuah mobil memenuhi kriteria yang diinginkan, Anda harus mencoba sendiri mengendarai mobil tersebut. Ajaklah anggota keluarga Anda untuk mencoba mobil yang Anda minati agar bisa memastikan mereka juga suka terhadap mobil tersebut.

16. Setelah membeli mobil, sudah dipastikan mobil akan kamu butuh garasi di halaman rumahmu. Tapi apa yang terjadi jika kamu tidak memiliki garasi atau halaman rumah yang mencukupi? Memarkir mobil tentu juga harus hati-hati, karena resiko kecurian dan kerusakan menjadi besar jika diparkir sembarangan. Jadi coba pikirkan lagi apakah kamu sudah harus memiliki mobil atau memperluas rumah kamu dulu.

17. Mari kita ambil contoh di Kota kota macet . Kamu pasti sudah tahu bahwa macet di ibu kota adalah hal biasa yang dirasakan orang setiap harinya. Atau mungkin orang akan merasa ada yang janggal ketika jalanan di ibu kota  sedang lancar jaya.

Dengan kondisi macet seperti ini, uang yang di butuhkan untuk bensin mobilmu pastinya bertambah, lalu karena macet pula, kamu akan memilih untuk naik jalan tol dengan tujuan untuk menghindari macet tersebut. Kita asumsikan kamu hanya memakai mobil untuk bekerja karena jika kamu memakainya untuk jalan-jalan tentu saja pengeluaran akan semakin besar.

Dalam seminggu kamu harus membeli bensin sebesar Rp100 ribu dan biaya tol per harinya adalah Rp15 ribu. Untuk sebulan, kamu harus memiliki uang Rp400 ribu hanya untuk bensin, dan Rp330 ribu untuk masuk jalan tol.

Sumber : Toyota Astra Motor.
Di tulis Amalia 4 Feb 2018

Komentar